Senin, 27 Juli 2015

Info Terbaru : E-Learning Diklat & Sertifikasi Kompetensi Kualifikasi Manager/Kepala Cabang dan Fasilitator

Berdasarkan hasil evaluasi atas pelaksanaan E-Learning Diklat Angkatan Pertama pada Juni 2015 lalu yang telah dijelaskan pada entri sebelumnya tentang mekanismenya, Lembaga Diklat Profesi KOPERASI Kusuma Utama (LDP KOPERASI "KU") memperbaharui mekanisme pelaksanaan E-Learning Diklat Kualifikasi Kompetensi Manager/Kepala Cabang termasuk untuk Fasilitator. Untuk materi maupun kertas kerja tetap diberikan via email pribadi peserta Diklat selambatnya 1 minggu sebelum pelaksanaan Persiapan/Pembekalan yang merupakan batas akhir pendaftaran, dan interaksi peserta dengan lembaga dilakukan via email (ldpkoperasiku@gmail.com atau hkusuma.smg@gmail.com) atau kontak langsung via HP atau WhatsApp ke no.081229027889 atau HP lainnya dengan no.085107013333 & 085743439088. Penting untuk dicatat bahwa semakin awal pendaftaran dilakukan, maka materi juga akan diterima lebih awal

Kesemuanya itu langsung dapat dilakukan setelah peserta melakukan pendaftaran (Link Entri Ketentuan & Persyaratan) atau mengisi pada Link Formulir Pendaftaran : http://goo.gl/forms/TBLQgcq7dv (khusus Fasilitator mengisi pada bagian Keterangan Tambahan Lainnya dengan kata "Untuk Fasilitator"), dan kemudian melakukan setoran/transfer sebesar Rp500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) ke Rekening di Bank Mandiri Cabang Bangkong Plaza/Jl. A Yani Semarang atas nama Lembaga Kemasyarakatan Kusuma Utama, Nomor Rekening 135-00-1011742-0 dengan menyebutkan Nama Calon Peserta dan asal Koperasi/Instansinya pada kolom berita.


Kemudian peserta melakukan konfirmasi ke nomor tersebut di atas dengan format SMSDaftar#TGL Setoran/Transfer#Jam Setoran/Transfer#Nama Peserta#Alamat E-mail#Pola Konven/Syariah.


Contohnya : Peserta dengan nama Mardiana telah transfer pada tanggal 11 Mei 2015 jam 09.35WIB dengan alamat email pribadinya mardiana@gmail.com untuk bidang keahlian KJK konvensional, maka format SMS nya menjadi: Daftar#110515#09.35#Mardiana#mardiana@gmail.com#konven 

lalu kirim ke 081229027889 atau 085107013333 atau 085743439088. Saat SMS kami terima, maka segera kami melakukan verifikasi dan validasi. Jika semua sudah valid, maka kami segera mengirimkan email dengan tahapan sebagai berikut :

Tahap I : Formulir Pendaftaran, Materi dan Kertas Kerja I

  1. KJK.SP01.002.01 : Melakukan Prinsip-prinsip Pengelolaan Organisasi dan Manajemen KJK (Pola Konvensional)
  2. KJK.SP01.003.01 : Melakukan Prinsip-prinsip Pengelolaan Organisasi dan Manajemen KJK Syariah (Pola Syariah)
  3. KJK.SP02.013.01 : Melaksanakan Pengendalian Intern
  4. KJK.SP02.028.01 : Mengamankan Aset dan Infrastruktur
Tahap II : Materi dan Kertas Kerja II
  1. KJK.SP01.006.01 : Menyusun Perencanaan Strategis
  2. KJK.SP02.014.01 : Melakukan Kontrak Pinjaman/Pembiayaan dan Pengikatan Agunan KJK
  3. KJK.SP02.026.01 : Menilai Tingkat Kesehatan
  4. KJK.SP02.027.01 : Menganalisis Program Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya
Tahap III : Materi dan Kertas Kerja III
  1. KJK.SP01.007.01 : Memberikan Motivasi
  2. KJK.SP02.029.01 : Melakukan Kemitraan
  3. KJK.SP03.006.01 : Melakukan Negosiasi
  4. KJK.SP03.007.01 : Menyajikan Presentasi
Setiap tahapan yang kami kirimkan, peserta wajib mengirimkan kembali hasil pengerjaan Kertas Kerja pada setiap unit kompetensinya sebagai syarat pengiriman tahapan berikutnya.

Setelah pengerjaan Tahap III sudah selesai dikerjakan, selanjutnya dilakukan pra asesmen/uji kompetensi, yaitu penilaian portofolio. Penilaian ini akan digunakan dalam proses asesmen/uji kompetensi dengan skor maksimal 10 (sepuluh). Adapun skor minimal secara keseluruhan untuk Kualifikasi Manager/Kepala Cabang adalah 80 (delapan puluh) yang dihasilkan atas penilaian portofolio, asesmen/uji tertulis, dan terakhir asesmen/uji eksplorasi/wawancara.


Saat ini akan dijelaskan terlebih dahulu komponen penilaian portofolio sebagai berikut :
  1. Pendidikan Formal hingga tingkat SLTA/Sederajat skor masih 0 (nol); Diploma III/Ahli Madya dan atau telah selesai menempuh semester 6 Perguruan Tinggi mendapatkan skor 1 (satu); dan Minimal S1/Sarjana ke atas mendapatkan skor 2 (dua).
  2. Pengalaman Bekerja di KJK/KJKS dengan masa kerja di bawah satu tahun skor masih 0 (nol); masa kerja mulai 1 tahun hingga kurang dari 3 tahun mendapatkan skor 1 (satu); dan masa kerja mulai 3 tahun dan selebihnya mendapatkan skor 3 (tiga).
  3. Pengalaman Bekerja selain di KJK/KJKS yang berhubungan erat dengan Kualifikasi Kompetensi Manager/Kepala Cabang mendapatkan skor 1 (satu).
  4. Pengalaman mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Berbasis Kompetensi mendapatkan skor 3 (tiga) - dengan E-Learning Diklat ini otomatis mendapatkan skor 3 (tiga); dan Diklat lainnya yang berhubungan erat dengan Kualifikasi Kompetensi Manager/Kepala Cabang mendapatkan skor 1 (satu) syarat masa berlaku tidak lebih dari 3 tahun dihitung saat pelaksanaan asesmen/uji kompetensi.
Contoh penilaian portofolio dari pendaftaran Mardiana yang berpendidikan Sarjana, telah bekerja di KSP "Sejahtera" selama 4 tahun, juga bekerja sebagai staf pengajar ahli di Akademi Akuntansi Manajemen lebih dari 1 tahun, selain mengikuti E-Learning Diklat ini juga telah mengikuti ESQ Training 2 tahun lalu, maka penilaian portofolionya sebagai berikut :
  1. Pendidikan Formal Sarjana mendapatkan Skor 2;
  2. Pengalaman Kerja di KJK lebih dari 3 tahun mendapatkan skor 3;
  3. Pengalaman Kerja di luar KJK sebagai staf pengajar ahli mendapatkan skor 1;
  4. Pengalaman Diklat Berbasis Kompetensi dengan mengikuti E-Learning Diklat mendapatkan skor 3; dan Diklat lainnya mendapatkan skor 1;
dengan demikian Mardiana mendapatkan skor sempurna, yaitu 10 untuk penilaian portofolionya.

Setelah beberapa peserta yang berjumlah minimal 20 orang telah menyelesaikan seluruh proses E-Learning Diklat dalam waktu yang diharapkan tidak lebih dari 1 (satu) bulan, maka akan disepakati bersama jadwal pelaksanaan persiapan/pembekalan dan asesmen/uji kompetensi serta dimana tempatnya. Kemudian peserta melakukan setoran/transfer untuk biaya akomodasi tempat pelaksanaan yang biasanya di hotel dengan fullboard selama 2 hari, yaitu selain ruangan utama dan penginapan selama 2 malam (sekamar berdua), mendapatkan 3 kali makan dan 2 kali coffee break per harinya. Untuk di Semarang kisaran biaya akomodasi sebesar Rp800.000,- (Delapan Ratus Ribu Rupiah). Khusus untuk Investasi Asesmen/Uji Kompetensi yang akan dilakukan LSP Koperasi sebesar Rp1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dibayarkan pada saat hari pertama pelaksanaan.


Catatan untuk Fasilitator, ada Tahap Tambahan Materi yang juga dikirimkan via email yang berisi :

  1. Materi CBT (Competency Based Training);
  2. Materi CBA (Competency Based Assessment); dan
  3. Contoh-contoh File Presentasi dalam format MS.Powerpoint.
Adapun Investasi E-Learning Diklat dan Asesmen/Uji Kompetensi bagi Calon Fasilitator terdapat tambahan yang terdiri dari tambahan investasi E-Learning Diklat sebesar Rp200.000,- dan tambahan investasi Asesmen sebesar Rp500.000,-, dengan demikian total tambahan investasinya sebesar Rp700.000,- (Tujuh Ratus Ribu Rupiah)

Sebagai gambaran jadwal persiapan/pembekalan dan asesmen/uji kompetensi dijabarkan sebagai berikut :


Hari Pertama
09.00 - 10.00 : Registrasi Ulang
10.00 - 10.45 : Pembukaan Persiapan/Pembekalan
10.45 - 11.30 : Verifikasi-Validasi Berkas Persyaratan & Kelengkapan Tahap I
11.30 - 13.45 : Istirahat, Makan Siang, Check In
13.45 - 14.30 : Verifikasi-Validasi Berkas Persyaratan & Kelengkapan Tahap II
14.30 - 15.15 : Pengisian Dokumen Pra Asesmen/Uji-Portofolio
15.15 - 15.30 : Istirahat, Coffee Break
15.30 - 17.45 : Pengisian Berkas TAA
17.45 - 18.45 : Istirahat, Makan Malam
18.45 - 21.00 : Pembekalan Tahap I
21.00 - 06.00 : Istirahat Malam

Hari Kedua
06.00 - 07.30 : Sarapan
07.30 - 09.00 : Pembekalan Tahap II
09.00 - 09.30 : Istirahat, Coffee Break
09.30 - 11.00 : Pembekalan Tahap III dan Motivasi
11.00 - 11.30 : Persiapan Asesmen/Uji Tulis
11.30 - 13.30 : Asesmen/Uji Tulis
13.30 - 14.30 : Istirahat, Makan Siang
14.30 - 17.45 : Asesmen/Uji Eksplorasi/Wawancara
15.15 - 15.30 : Istirahat, Coffee Break
17.45 - 19.00 : Istirahat, Makan Malam
18.30 - 21.00 : Asesmen/Uji Eksplorasi/Wawancara Lanjutan
19.00 - 20.00 : Tersedia Coffee Break
22.00 - 06.00 : Istirahat Malam

Hari Ketiga - Acara Bebas
06.00 - 09.00 : Sarapan
09.00 - 12.00 : Acara Bebas
12.00 - 12.30 : Check Out

Catatan : Jadwal pelaksanaan bersifat tentative.

Link Terkait : 


  1. Ketentuan dan Persyaratan E-Learning Diklat Profesi KJK Berbasis Kompetensi Kualifikasi Manager/Kepala Cabang sekaligus Sertifikasi Kompetensi.
  2. Formulir Pendaftaran E-Learning Diklat.