Sabtu, 09 Mei 2015

E-Learning Lanjutan 8 : SKKNI - KJK Kualifikasi Kompetensi Customer Service (5)

Setelah sebelumnya telah disampaikan Kualifikasi Kompetensi KASIR, JURU BUKU, JURU TAGIH, dan JURU SURVEY, kali ini akan disampaikan SKKNI - KJK Kualifikasi Kompetensi CUSTOMER SERVICE dengan perincian Unit Kompetensi (UK) sebagai berikut :


         Pekerjaan            :  Customer Service
         Kode Pekerjaan   :  J 65 90 0 1 1 5 III 01                       Level  :  Sertifikat III
KELOMPOK KOMPETENSI UMUM
NO
Kode Unit
Judul Unit Kompetensi
1.
KJK.SP01.001.01
Melaksanakan Dasar-dasar Manajemen
2.
KJK.SP01.002.01
Melakukan Prinsip-prinsip Pengelolaan Organisasi dan Manajemen Koperasi Jasa Keuangan
3.
KJK.SP01.003.01
Melakukan Prinsip-prinsip Pengelolaan Organisasi dan Manajemen Koperasi Jasa Keuangan Syariah
4.
KJK.SP01.004.01
Melakukan Komunikasi

KELOMPOK KOMPETENSI INTI
NO
Kode Unit
Judul Unit Kompetensi
1.
KJK.SP02.007.01
Melakukan Pendampingan Usaha
2.
KJK.SP02.009.01
Melakukan Pelayanan Permohonan Pinjaman/ Pembiayaan

KELOMPOK KOMPETENSI KHUSUS
NO
Kode Unit
Judul Unit Kompetensi
1.
KJK.SP03.001.01
Mengoperasikan Komputer
2.
KJK.SP03.004.01
Melaksanakan Pelayanan Prima

Dalam kelompok kompetensi umum pada nomor 2 dan 3 dipilih salah satu, untuk bidang KJK untuk pola Konvensional memilih nomor 2, sehingga menjadi 1, 2, dan 4, sedangkan KJKS untuk pola Syariah memilih nomor 3, sehingga menjadi 1, 3, dan 4.
Dengan demikian keseluruhan UK yang dipersyaratkan pada kualifikasi ini sebanyak 7 UK, terdiri dari 3 UK Umum, 2 UK Inti, dan 2 UK Khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar